5 Hal Unik Yang Hanya Dapat Anda Temukan Saat Bepergian Di Indonesia

0
38

Bepergian ke Indonesia tidak kalah menakjubkan dengan luar negeri. Meskipun tidak ada salju atau cowok tampan Korea, di Indonesia ada semacam keunikan yang tidak dapat ditemukan di dunia.

Yang benar-benar daya tarik bagi tradisi dan budaya, mulai dari Pulau Komodo dengan spesies biawak langka. Dengan bepergian ke beberapa tujuan Indonesia, anda dapat mengenal tanah air anda dengan lebih baik.

Apakah anda ingin tahu apa spesialisasi Indonesia yang tidak dapat anda temukan di negara lain?

  • Komodo

Varanus Komodoensis atau yang populer dikenal sebagai Komodo, hanya ada di Indonesia. Bukan kebetulan bahwa spesies besar reptil ini hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo adalah cagar alam yang mencakup pulau-pulau Komodo, Rinka, Padar, Gili Motang, Nusa Kode dan berbagai pulau kecil lainnya. Destinasi ini juga masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Bangga kan?

  • Bunga Terbesar di Dunia

Bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan lebih sering dalam buku-buku ilmiah. Ketika anda mengunjungi Bukit Barisan Selatan yang di Lampung, anda dapat melihat sendiri bunga terbesar di dunia tersebut.

Rafflesia Arnoldi memiliki berat hingga 10 kg. Bunga berbau unik itu tumbuh di Plot Sampel Permanen (PSP) Bunga Padma Resort Sukaraja Atas, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), di Sumatra Barat.

  • Candi Budha Terbesar di dunia, Borobudur

Indonesia tidak hanya dikenal karena keanekaragaman bentang alam dan kekayaan biota lautnya, tetapi juga ada budaya dan peninggalan sejarahnya. Salah satunya adalah candi Budha terbesar di dunia, yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Kompleks candi abad ke-8 ini adalah bagian dari daftar Tujuh Keajaiban Dunia hingga 2007. Candi Borobudur memiliki ribuan patung yang menggambarkan kisah hidup Buddha, serta relief yang menarik di dinding batu.

  • Upacara Pemakaman Senilai Miliaran Rupiah di Toraja.

Toraja dikenal tradisi pemakaman yang disebut Rambu Solo. Di Rambu Solo, keluarga berkasta tinggi seperti elit atau mereka yang memiliki kondisi ekonomi yang baik biasanya mengorbankan puluhan kerbau dan babi untuk pemakaman.

Ritual ini bisa sangat mahal hingga mencapai miliaran rupiah. Karena setiap kerbau memiliki harga jual sendiri. Salah satunya adalah kerbau yang memiliki pola khusus, yang disebut saleko. Seekor kerbau saleko dapat berharga ratusan juta rupiah.

  • Cap Go Meh dengan Atraksi Tatung di Singkawang

Cap Go Meh adalah momen perayaan hari ke 15 Tahun Baru Cina. Cap Go Meh tetap dirayakan meriah di Singkawang, Kalimantan Barat. Bukan hanya ibadah dan perayaan berupa atraksi tarian naga dan barongsai saja.

Selain itu, Cap Go Meh juga dilengkapi dengan parade yang menarik bersama tatung. Tatung-tatung akan berparade sambil menusukkan benda-benda tajam ke dirinya.

Keunikan Cap Go Meh ini hanya dapat ditemukan di Singkawang, karena Cap Go Meh di negara asalnya tidak ada parade tatung.

Bagaimana, anda sudah menentukan kemana anda ingin menghabiskan waktu luang tahun ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here