Go Internasional, ‘Jurassic Park’ Labuan Bajo Akan Segera Dibangun

0
69

Memang, keindahan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur tidak diragukan lagi. Labuan Bajo dikenal karena banyak destinasi yang indah dan merupakan tujuan wisata mancanegara. Tidak heran bila Labuan Bajo akan menjadi tujuan wisata premium dan mengambil perhatian internasional.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) akan membangun berbagai infrastruktur untuk membantu Labuan Bajo menjadi wisata internasional. Salah satunya adalah penataan kawasan di Pulau Rinca, yang akan dilakukan mulai Februari hingga Maret 2020. Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, area di Pulau Rinca dikonsep seperti ‘Jurrasic Park’. Wisatawan yang memasuki pulau merasakan suasana di kawasan satwa langka purba komodo.

“Nanti juga akan ada dermaga yang dibangun kembali berbentuk seperti lidah komodo atau tongkat ranger. Lalu, akan ada bangunan rumah yang dibangun seperti rumah tradisional adat di Manggarai,” katanya.

Penataan kawasan dimulai dari awal tempat berlabuh kapal, yaitu Dermaga Loh Buaya dengan luas 400 meter persegi, kemudian pembangunan fasilitas di area atas dan bawah, bangunan penginapan, tempat istirahat dan jalan setapak sepanjang 1,5 km secara elevated.

Arsitek KSPN (Kawasan Strategis Pariwisat Nasional) Labuan Bajo Yoris Antar juga menjelaskan bahwa pulau Rinca dibangun untuk wisatawan yang ingin menikmati wisata alam di film Jurassic Park. “Jurassic Park adalah desain Geopark di pulau Rinca, sehingga wisatawan dapat berkeliaran di rumah komodo” kata Yoris.

Sementara itu, Yoris mengumumkan untuk desain dermaga baru itu akan dibangun sesuai dengan karakter daerah, yang harus sesuai dengan perumpamaan lidah komodo atau analogi tongkat yang dipegang oleh ranger.

Sementara itu, bangunan-bangunan di area itu akan dirancang menyerupai karakter komodo, yang sedang beristirahat, ataupun seperti ekor komodo yang sedang melingkar di badannya.

Selain itu, rencana untuk menata kembali kawasan Pulau Rinca yang menelan biaya hingga Rp 30 miliar, nantinya akan dibangun sebuah patung komodo yang terbuat dari tembaga, sehingga tahan terhadap cuaca dan waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here