Hari Ini Dalam Sejarah: 24 Januari 1942, Bangkok Di Bombardir Sekutu

0
69

Pada tanggal 24 Januari 1942, pasukan Sekutu mulai membom kota Bangkok di Thailand untuk mengusir pasukan Jepang yang mengendalikannya.

Hari ini, ada beberapa peristiwa bersejarah, tepatnya tanggal 24 Januari. Seperti yang telah disusun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org :

Tahun 41
Kaisar Romawi Caligula, yang dikenal sebagai kaisar yang kejam, dibunuh oleh seorang pengawal yang tidak puas dengan kepemimpinan Caligula. Pengawalnya kemudian menunjuk paman Caligula, Claudius sebagai kaisar Romawi.

Tahun 1848
James W. Marshall menemukan tambang emas di Sutters Mill dekat Sacramento, California, AS. Penemuan ini kemudian menyebabkan ratusan ribu orang datang ke tempat itu untuk mencari emas dan sebagian membuka toko alat mesin pertambangan. Namun pada tahun 1855, emas menjadi semakin sulit di wilayah tersebut dan beberapa orang menghentikan penambangan emas. Fenomena ini dikenal sekarang sebagai California Gold Rush atau Demam Emas California.

Tahun 1859
Pangeran Alexander John Kuza menyatukan wilayah Wallachia dan Moldavia menjadi satu negara. Wilayah kesatuan itu dikenal sebagai Rumania. Pada masa penyatuan itu, wilayah Transylvania belum menjadi bagian dari Rumania.

Tahun 1905
Putra Pangeran Antasari, Sultan Muhammad Seman meninggal ketika dia memimpin anak buahnya untuk berperang melawan Belanda. Kematian Sultan Muhammad Seman menandai berakhirnya perlawanan rakyat terhadap Belanda dalam Perang Banjar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Tahun 1915
Pasukan Inggris mengalahkan tentara Jerman di perairan Dogger Bank di Laut Utara. Selama pertempuran dalam Perang Dunia I, Jerman kehilangan salah satu kapal perangnya dan 945 prajuritnya tewas. Sementara Inggris hanya kehilangan 15 tentara yang terbunuh.

Tahun 1916
Soedirman lahir di Purbalingga, Hindia-Belanda atau sekarang Indonesia. Dia kemudian dikenal sebagai perwira tinggi militer selama Revolusi Nasional Indonesia. Ia juga dikenal sebagai komandan kepala pertama yang menjadi bintang lima di Indonesia.

Tahun 1924
Kota St. Petersburg di Rusia, yang sebelumnya bernama Petrograd, diubah lagi menjadi Leningrad untuk mengenang Vladimir Lenin, pemimpin Uni Soviet, yang telah meninggal tiga hari sebelumnya. Setelah jatuhnya pemerintahan Soviet pada tahun 1991, nama kota kembali menjadi St. Petersburg.

Tahun 1942
Pasukan Sekutu mulai membom kota Bangkok, Thailand untuk mengusir pasukan Jepang yang mengendalikan mereka. Tetapi di bawah kendali Jepang, Thailand menyatakan perang terhadap Sekutu setelah pemboman Bangkok itu.

Tahun 2001
Tahun Baru Cina dapat dirayakan di tempat-tempat umum di Indonesia untuk pertama kalinya sejak Presiden Abdurrahman Wahid mencabu instruksi Presiden No.14/1967. Memang, selama era Orde Baru, perayaan Tahun Baru Cina dilarang dirayakan di tempat-tempat umum. Pada tahun 2002, Tahun Baru Cina secara resmi menjadi salah satu hari libur nasional di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here