Misteri Semesta: Berapa Usia Bumi ?

0
22

Tidak ada catatan tentang saat Bumi ini terbentuk. Tahukah anda berapa umur Bumi ? Para ilmuwan di seluruh dunia berusaha menentukan usia planet ini dengan membuat data batu-batu di lapisan kerak bumi. Bahkan, penelitian batuan tidak hanya tersebar luas di permukaan bumi, tetapi juga melebar pada penelitian di bulan dan meteorit yang jatuh di planet ini.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk memprediksi umur Bumi, seperti melihat perubahan permukaan laut, dibutuhkan waktu bagi Bumi atau Matahari untuk mendinginkan suhu, hingga kadar garam air laut. Namun, dengan teknologi dikembangkan pada saat ini, prosesnya terbukti tidak dapat diandalkan.

Pada awal abad ke-20, para ilmuwan menyelesaikan proses penanggalan radiometrik. Metode ini digunakan untuk menentukan usia batu. Batuan tertua di Bumi adalah Acasta gneiss berumur 4,03 miliar tahun, terletak di Kanada Barat dekat Danau Great Slave. Penelitian tentang batuan tua tidak cukup, karena batu yang lebih tua dari 3,5 miliar tahun ada di hampir setiap benua.

Untuk mengoreksi umur Bumi, para ilmuwan mulai mempelajari faktor-faktor lain dengan menyelidiki benda-benda lain di tata surya dan untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah awal planet ini. Lalu, berapa umur planet yang kita tinggali ini ? Melalui berbagai informasi, metode dan objek penelitian, para ilmuwan telah menentukan usia Bumi sekitar 4,45 miliar tahun, dengan rentang kesalahan 50 miliar tahun. Sebagai perbandingan, Bima Sakti yang meliputi tata surya, berusia sekitar 13,2 miliar tahun, sementara alam semesta berusia 13,8 miliar tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here