Perubahan Iklim ‘Hidupkan’ Virus Purba

0
40

Perubahan iklim planet ini telah mempengaruhi kenaikan suhu. Kondisi ini diyakini memicu kebangkitan virus purba yang membeku di gletser tertua di dunia. Pada 2015, tim ilmuwan dari AS dan Cina melakukan perjalanan ke daerah yang lebih tinggi di Tibet barat untuk mengumpulkan sampel es dari gletser tertua di dunia, dilansir dari Science Alert. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh para ilmuwan awal bulan ini, terdapat rincian hasil penelitian tersebut.

Para ilmuwan ini mengebor ke gletser dan memperoleh dua inti es yang diambil hingga kedalaman 50 meter. Tim ilmuwan Amerika dan Cina menemukan 28 kelompok virus baru di dalam es yang berusia 15.000 tahun. Mereka memperingatkan bahwa perubahan iklim dapat membawa virus kuno itu ke dunia modern. Sampel es dari gletser tertua diekstraksi dalam tiga tahap. Setelah itu, para peneliti menggunakan teknik mikrobiologis untuk mengidentifikasi mikroba dalam sampel es.

Penelitian ini dilakukan dengan menetapkan metode pengambilan sampel mikroba dan virus yang sangat bersih dari gletser. Seperti yang ditunjukkan oleh tim peneliti dalam penelitian ini, perubahan iklim mengancam kemungkinan kehidupan virus tersebut. Namun demikian, skenario terburuk dari cairnya es di gletser tertua di Bumi, adalah dapat menyebabkan bebasnya patogen itu ke lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here