Selain Malino, Berikut Adalah Beberapa Tempat Wisata Alam Gowa Yang Harus Anda Kunjungi

0
18

Wisata alam di Sulawesi Selatan tidak ada habisnya. Salah satu daerah yang sangat dihargai oleh wisatawan lokal atau asing karena wisata alamnya adalah Kabupaten Gowa.

Luas 1.888 km persegi (km2), Gowa memiliki berbagai tempat wisata alam yang tidak kalah indah dari tempat-tempat di daerah lain, Malino adalah salah satunya.

Namun Gowa masih memiliki banyak tempat wisata alam untuk dikunjungi. Hampir semuanya memiliki kesamaan, terletak di kaki Gunung Bawakaraeng dan Sungai Jeneberang.

Nah, ini dia beberapa di antaranya.

  • Lembah Ramma’

Terletak di kaki Pegunungan Bawakaraeng, lembah ini secara administratif milik Desa Bonto Lerung, Kecamatan Tinggi Moncong. Dibutuhkan sekitar dua setengah jam dari Makassar ke Dusun Lembanna, titik awal untuk pendakian menuju Lembah Ramma’. Setelah itu, anda menyusuri lembah pendakian selama lebih dari satu setengah jam.

  • Danau Tanralili

Danau ini terletak di Desa Parigi di Kecamatan Manimbahoi. Dari Makassar, dibutuhkan lebih dari dua jam untuk mencapai desa Lengkese, yang merupakan titik awal pendakian. Selanjutnya anda harus mendaki selama tiga jam di jalan setapak. Ketika anda mencapai tujuan, anda dapat segera mendirikan tenda dan kemudian menikmati panorama danau yang terletak 1.454 mdpl di atas permukaan laut.

  • Bendungan Kampili

Ini adalah tempat yang dikenal sebagai “Miniatur Grand Canyon” dari Gowa. Seperti namanya, bendungan ini terletak di Desa Kampili, Kecamatan Palangga. Jika anda bertolak dari Makassar, Anda akan membutuhkan waktu satu jam untuk mencapai Bendungan Kampili.

Bendungan ini menunjukkan pesonanya hanya di musim kemarau, saat Sungai Jeneberang cenderung tenang. Pengunjung ditawari pemandangan tebing bebatuan berwarna gelap, yang dilengkapi dengan ceruk-ceruk sebagai tempat air mengalir.

  • Air Terjun Bissoloro

Air terjun Bissoloro terletak di Desa Bissoloro di Kecamatan Bungaya. Pada ketinggian sekitar 1.500 mdpl di atas permukaan laut, anda harus berkendara kurang dari satu setengah jam untuk mencapai Desa Bissoloro.

Untuk mencapai tujuan, pengunjung melanjutkan dengan berjalan kaki selama 30 menit. Curahan air dari ketinggian puluhan meter membuat Air Terjun ini punya pesona tersendiri.

Anda bisa bermalam disini. Puncak Tinambung yang termasuk kawasan wisata Desa Bisoloro juga menawarkan banyak fasilitas seperti pondok bambu dan tenda, lengkap dengan toilet dan kantin. Pemandangan Gowa dari ketinggian akan membuat anda kagum.

  • Air Terjun Danggang

Air terjun ini membelah Sungai Jeneberang menjadi dua. Alhasil objek wisata alam di Kelurahan Sapaya, Kecamatan Bongaya ini seperti terdiri dari dua jeram yang saling berdekatan.

Untuk mencapai air terjun Danggang, pertama-tama anda harus menempuh jarak 54 km (kurang dari dua jam) perjalanan darat untuk mencapai desa Sapaya. Dari desa anda berjalan kaki sekitar 200 meter menyusuri sawah.

Tertarik pada salah satunya? Atur jadwal traveling segera. Tapi tetap jaga kebersihan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here